KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BY ANDHYKA MAHTERA

Setiap jenis Media memiliki karakteristik masing-masing dan menampilkan fungsi tertentu dalam menunjang keberhasilan proses belajar pembelajaran. Agar peran dan sumber dan media belajar tersebut menunjukan pada suatu jenis media tertentu, maka pada media media belajar itu perlu diklasifikasikan menurut suatu metode tertentu sesuai dengan sifat dan fungsinya terhadap pembelajaran.
a.       Klasifikasi berdasarkan fisik
Berdasarkan cirri dan bentuk fisik, media pembelajaran dapat dikelompokan menjadi empat kelompok.
1.      Media pembelajaran duadimensi (2D), yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari satu arah pandangan saja, yang hanya dilihat dimensi panjang dan lebarnya saja, misalnya foto, grafik peta, gambar dan papan tulis.
2.      Media pembelajaran tiga dimensi (3D), yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi/tebal. Media ini juga tidak menggunakan proyeksi dalam pemakaiannya. Kebanyakannya media 3 dimensi ini objek-objek sesungguhnya (real object). Contohnya bola, kotak, meja dan kursi.
3.      Media pembelajaran pandang diam still (still picture) yaitu media yang mengguanakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam/ tidak bergerak pada layar. Contohnya foto, lukisan gambar binatang, gambar alam semesta yang diproyeksi dalamkegiatan pembelajaran.
4.      Media pandanggerak (motion picture) yaitu yang menggunakan media proyeksi yang dapat menampilkan gambar bergerak dilayar, seperti televise, film atau video
b.      Klasifikasi berdasarkan unsure pokoknya
Berdasarkan unsur pokoknya atau indera yang dirangsang, media pembelajaran diklasifikasikan menjadi 10 macamyaitu :
(1)   Media Audio yang menghasilkan bunyi, (2) media visual gerak misalnya film bisu, (3) media audio visual gerak seperti film gerak bersuara, video/VCD yang dapat menghasilkan rupa dan suara, (4) Media Audio cetak seperti kaset audio dilengkapi dengan bahan tertulis, (5) media proyeksi visual diamcontohnya OHP, (6) media proyeksi audio visual diam contohnya film bingkai slode bersuara, (7) media cetak, seperti buku, (8) manusia dan lingkungan, (9) objekfisik, seperti benda nyata dan (10) computer.
c.       Klasifikasi berdasarkan penggunannya
1.      Media pembelajaran yang penggunaan secara individual oleh peserta didik, seperti laboratorium bahasa-IPA, buku teks dan buku pengajaran
2.      Media pembelajaran yang penggunaan secara berkelompok misalnya, film Pendidikan, slides, dan media proyeksilainnya

3.      Media pembelajaran yang penggunaan secara missal misalnya, televise, radio, dll

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MENGKAJI DAN MEMAHAMI LANDASAN DAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN SERTA PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN BY ANDHYKA MAHTERA

MAKALAH PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT BY ANDHYKA MAHTERA