MAKALAH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS PENDIDIKAN BY ANDHYKA MAHTERA
MANAJEMEN SARANA DAN
PRASARANA BERBASIS PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU:DIAN AGUS M, M.Pd.
Ditulis oleh Kelompok 7:
Muhammad Andy Anshori/16862062372
Syahid/16862062378
UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN.
FAKULTASKEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN.
PROGAN STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR.
BANJARMASIN 2016.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji syukur
hadirat Allah S.W.T yang mana berkat limpahan nikmat kesehatan,nikmat keilmuan dan
nikmat yang lainnya hingga akhirnya kami bisa menyelesaikan tugas pengetikan
makalah yang di serahkan kepada kami,beserta dengan beberapa penjelasan yang
kiranya masih sangat sempit dalam khazanah keilmuan.
Tak
lupa pula shalawat serta salam kita curahkan kepada Rasulullah S.A.W yang
dimana beliau membawakan kepada kita selaku umat bebagai kazanah keilmuan,dari
ilmu agama maupun ilmu duniawi.
Dan tak lupa kami ucapkan terima
kasih kepada bapa Dian Agus M, M.Pd selaku pengajar kami yang telah mempercayakan
tugas ini kepada kami.
Sebenar nya makalah ini belum
bisa disebut sebuah karya ilmiah karena masih banyak kekurangan dalam penulisan
dan penjelasan yang kami sampai kan dikarenakan kurang nya ilmu dalam
meneliti,mangkaji dan memahami sumber-sumber bacaan kami,maka daripada itu kami
mohon kritik dan saran nya agar kami bisa mempelajari kesalahan kami agar tidak
terulang kembali dan bisa memperbaiki kesalahan kami.
BANJARMASIN,20/SEPTEMBER/2016.
KELOMPOK 7
DAFTAR ISI.
1.
KATA
PENGANTAR..............................................................................1
2.
DAFTAR ISI............................................................................................2
3.
BAB I.
PENDAHULUAN........................................................................3
A. Latar Belakang Masalah..................................................................3
B. Rumusan Masalah...........................................................................3
C. Tujuan Penulisan.............................................................................3
D. Manfaat Penulisan...........................................................................3
4.
BAB II. ISI..............................................................................................4
A. Definisi Sarana Dan Prasarana........................................................4
B. Standarisasi Sarana Dan Prasarana.................................................5
C. Jenis-Jenis Sarana Dan Prasarana Pendidikan................................5
5.
BAB III.
PENUTUP................................................................................8
A. Kesimpulan.....................................................................................8
6.
Daftar Isi..................................................................................................9
BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar belakang.
Sarana
dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam
pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar
disekolah.
Sarana dan prasarana pendidikan juga
menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta dilapangan banyak
ditemukan sarana dan prasarana yang tidak di optimalkan dan dikelola dengan
baik. Untuk di perlukan pemahaman dan pengaplikasian manajemen sarana dan
prasarana pendidikan persekolahan berbasis sekolah.
Bagi pengambilan kebijakan di sekolah
pemahaman tentang sarana dan prasarana akan memperluas wawasan tentang
bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan,menggunakandan mengevakuasi
sarana dan prasarana yang ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan opatimal guna
mencapai tujuan pendidikan.
B.
Rumusan
Masalah.
1.
Apa itu sarana
dan prasarana?
2.
Apa saja yang
disebut sarana dan prasarana?
3.
Apa hubungan
sarana dan prasarana dengan pendidikan?
C.
Tujuan
Penulisan.
1.
Agar mendapat
nilai dari bapa dosen pengampu.
2.
Agar Lebih
Berwawasan Tentang Sarana dan prasarana.
3.
Menambah ilmu
baru yang belum pernah dipelajari.
D. Manfaat Penuisan.
1.
Mendapat nilai
tugas dari bapa dosen.
2.
Lebih mengenal
secara spesifikan tentang sarana dan prasarana.
BAB II.
ISI.
A.
Definisi sarana
dan prasarana.
Prasarana pendidikan
adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang
proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnya:lokasi/tempat, bangunan
sekolah,lapangan olahraga, ruangan dan sebagainya.
Sarana
pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabotan yang secara
langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah, seperti: ruang, buku,
perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya.
Sedangkan
menurut keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No.079/1975, sarana pendidikan
terdiri dari 3 kelompok, yaitu:
1.
Bangunan dan
perabotan sekolah.
2.
Alat
pembelajaran yang terdiri dari pembukuan dan alat-alat peraga dan laboratorium.
3.
Media
pendidikan yang dapat dikelompokan menjadi audiovisual yang mengguanakan alat
penampil dan media yang tidak menggunakan alat penampil.
Dari uraian definisi sarana dan prasarana pendidikan dapat disimpulkan
bahwa: sarana dan prasarana adalah sebuah kewajiban pentng yang harus
disediakan, didaya gunakan, serta dikelola dengan baik oleh semua pihak
dilingkungan sekolah tersebut untuk kepentingan proses pembelajaran di sekolah.
Manajemen
sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan
prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal dan
berarti pada jalannya proses pendidikan. Kegiatan pengelolaan ini meliputi: 1)
kegiatan perencanaan; 2) pengadaan; 3) pengawasan; 4) penyimpanan
inventarisasi; 5) penghapusan; 6) penataan.
B.
Standarisasi
Sarana Dan Prasarana.
Kata standarisasi bukan kata tambahan dari kata standart+isasi,
melainkan sebuah kata serapan dari bahasa asing. Kata standarisasi memiliki
arti penyesuaian bentuk(ukur dan kualitas) dengan pedoman atau standart yang
telah ditetapkan(Barnawi dkk, 2012: 86).
Secara
rinci standart sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar ,terdapat dalam
peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.24 Tahun 2007
tentang sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI).
Dalam permendiknas tersebut, sarana dan prasarana pendidikan disekolah diatur
menjadi 3 pokok bahasan, yaitu lahan, bangunan, kelengkapan sarana dan
prasarana sekolah.
Standart sarana dan prasarana
pendidikan adalah standart nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria
minimal tentag ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah ,
pepustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan
berekreasi,serta sumber belajar lain,yang diperluan guna menunjang proses
pembelajaran, termasuk,penggunaan teknologi informasi dan komunikasi(DEPDIKNAS,
2005:3).
C.
Jenis-jenis
sarana dan prasarana pendidikan.
Sarana
pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu(1) habis tidak nya
dipakai, (2) bergerak tidaknya pada saat digunakan, (3) hubungannya dengan
proses belajar dan mengajar.
1.
Ditinjau dari
habis tidaknya dipakai.
Dilihat dari habis tidaknya dipakai, ada dua macam saran pendidikan
, yaitu sarana yang habis dipakai dan srana yang tahan lama.
a.
Sarana
pendidikan yang habis dipakai.
Adalah segala bahan atau alat yang apabila digunakan
bisa habis dalam waktu yang relatif singkat. Contoh: kapur tulis, beberapa
bahan kimia untuk praktik guru dan mahasisiwa, DSB.
b.
Sarana
pendidikan tahan lama.
Adalah keseluruhan
bahan atau alat yang dapat digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang
relatif lama. Contoh: bangkusekolah, globe, dan beberpa alat olahraga.
2.
Ditinjau
daribergerak tidaknya pada saat digunakan.
Dilihat dari bergerak tidaknya pada saat digunakan, ada dua macam
sarana pendidikan yaitu, sarana pendidikan yang bergerak dan sarana pendidikan
yang tidak bergerak.
a.
Sarana
pendidikan yang bergerak.
Sarana pendidikan yang
bergerak adalah sarana pendidikan yang bisa digerakkan atau dipindah sesuai
dengan kebutuhan pemakainya. Contohnya: almari arsip sekolah,bangku sekolah,
dsb.
b.
Sarana
pendidikan yang tidak bergerak.
Sarana pendidikan yang tidak bergerak adalah srana pendidikan yang
tidak bisa atau relatif sulit dipindahkan. Contohnya: pipa ledeng PDAM sekolah.
3.
Ditinjau dari hubungannya dengan proses belajar dan mengajar.
Sarana
pendidikan dibedakan menjadi 3 macam bil ditinjau dari hubungannya dengan
proses belajar mengajar ,yaitu alat pelajar, alat pelajaran, alat peraga, dan
media pengajaran.
a. Alat pelajaran.
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan secara langsung dalam proses
belajar mengajar, misalnya buku, alat peraga, alat tulis, alat praktikan.
b. Alat peraga.
Alat peraga adalah alat pembantu pendidikan dan pengajaran, dapat
berupa perbuatan-pebuatan atau benda-benda yang mudah memberi pengertian kepada
anak didik berturut-turut dari yang abstrak sampai dengan yang konkret.
c. Media
Media pengajaran adalah sarana pendidikan yang digunakan sebagai
perantara dalam proses belajar mengajar, untuk lebih mempertinggi efektivitas
dan efisiansi dalam mencapai tujuan pendidikan. Ada tiga jenis media, yaitu
media audio, media visual, dan media auto visual.
Adapun prasarana pendidikan di sekolah bisa diklasifikasikan
menjadi dua macam, yaitu:
1.
Prasrana
pendidikan yang secara lansung digunakan untuk proses belajar mengajar, seperti
ruang teori,ruang perpustakaan, ruang praktik keterampilan, dan ruang
laboratoroum.
2.
Prasarana sekolah
yang keberadaanya tidak digunakan untuk proses belajar mengajar,tetapi secara
langsung sangat menunjang terjadi proses belajar mengajar, misalnya ruang
kantor, kantin sekolah, tanah dan jalan menuju sekolah, kamar kecil, ruang
usaha kesehatan sekolah, ruang guru ruang kepala sekolah, dan tempat parkir
kendaraan.
BAB III.
PENUTUP
A.
KESIMPULAN.
Dari uraian penjelasan kami di atas
bahwa:
1.
Sarana dan
prasarana dalam pendidikan itu adalah satu kewajiban yang harus disediakan oleh
sekeloh atau badan pemerintahan yang bersangkutan.
2.
Sarana yang
pokok itu ada tiga yaitu: ditinjau menurut habis tidaknya bila dipakai,
ditinjau dari bergerak atau tidaknya suatu benda, ditinjau berguna atau tidaknya
bagi belajar dan mengajar.
3.
Prasarana yang
pokok ada dua yaitu: prasrana yang secara langsung dan tidak langsung.
Daftar Pustaka.
-www.asikbelajar.com/p/manjemen.html?m=1
-https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/12/31/manajemen-sarana-prasarana-pendidikan/
-https://alifanotes.blogspot.co.id/2015/07/makalah-manajemen-srana-prasarana.html?m=1
Komentar
Posting Komentar