MAKALAH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS PENDIDIKAN BY ANDHYKA MAHTERA

                                                                                

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS PENDIDIKAN


DOSEN PENGAMPU:DIAN AGUS M, M.Pd.
Ditulis oleh Kelompok 7:
Muhammad Andy Anshori/16862062372
Syahid/16862062378

UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN.
FAKULTASKEGURUAN DAN  ILMU PENDIDIKAN.
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN.
PROGAN STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
BANJARMASIN 2016.



KATA PENGANTAR

               Alhamdulillah segala puji syukur hadirat Allah S.W.T yang mana berkat limpahan nikmat kesehatan,nikmat keilmuan dan nikmat yang lainnya hingga akhirnya kami bisa menyelesaikan tugas pengetikan makalah yang di serahkan kepada kami,beserta dengan beberapa penjelasan yang kiranya masih sangat sempit dalam khazanah keilmuan.
           Tak lupa pula shalawat serta salam kita curahkan kepada Rasulullah S.A.W yang dimana beliau membawakan kepada kita selaku umat bebagai kazanah keilmuan,dari ilmu agama maupun ilmu duniawi.
               Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bapa Dian Agus M, M.Pd selaku pengajar kami yang telah mempercayakan tugas ini kepada kami.
               Sebenar nya makalah ini belum bisa disebut sebuah karya ilmiah karena masih banyak kekurangan dalam penulisan dan penjelasan yang kami sampai kan dikarenakan kurang nya ilmu dalam meneliti,mangkaji dan memahami sumber-sumber bacaan kami,maka daripada itu kami mohon kritik dan saran nya agar kami bisa mempelajari kesalahan kami agar tidak terulang kembali dan bisa memperbaiki kesalahan kami.







          BANJARMASIN,20/SEPTEMBER/2016.
KELOMPOK 7

DAFTAR ISI.

1.   KATA PENGANTAR..............................................................................1
2.   DAFTAR ISI............................................................................................2
3.   BAB I. PENDAHULUAN........................................................................3
A. Latar Belakang Masalah..................................................................3
B. Rumusan Masalah...........................................................................3
C. Tujuan Penulisan.............................................................................3
D. Manfaat Penulisan...........................................................................3
4.   BAB II. ISI..............................................................................................4
A. Definisi Sarana Dan Prasarana........................................................4
B. Standarisasi Sarana Dan Prasarana.................................................5
C. Jenis-Jenis Sarana Dan Prasarana Pendidikan................................5
5.   BAB III. PENUTUP................................................................................8
A. Kesimpulan.....................................................................................8
6.   Daftar Isi..................................................................................................9



BAB I.
PENDAHULUAN.

A.  Latar belakang.
          Sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian  keberhasilan proses belajar mengajar disekolah.
          Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta dilapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak di optimalkan dan dikelola dengan baik. Untuk di perlukan pemahaman dan pengaplikasian manajemen sarana dan prasarana pendidikan persekolahan berbasis sekolah.
           Bagi pengambilan kebijakan di sekolah pemahaman tentang sarana dan prasarana akan memperluas wawasan tentang bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan,menggunakandan mengevakuasi sarana dan prasarana yang ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan opatimal guna mencapai tujuan pendidikan.
B.   Rumusan Masalah.
1.     Apa itu sarana dan prasarana?
2.     Apa saja yang disebut sarana dan prasarana?
3.     Apa hubungan sarana dan prasarana dengan pendidikan?
C.   Tujuan Penulisan.
1.     Agar mendapat nilai dari bapa dosen pengampu.
2.     Agar Lebih Berwawasan Tentang Sarana dan prasarana.
3.     Menambah ilmu baru yang belum pernah dipelajari.
D.  Manfaat Penuisan.
1.     Mendapat nilai tugas dari bapa dosen.
2.     Lebih mengenal secara spesifikan tentang sarana dan prasarana.




BAB II.
ISI.
A.  Definisi sarana dan prasarana.
          Prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnya:lokasi/tempat, bangunan sekolah,lapangan olahraga, ruangan dan sebagainya.
          Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabotan yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah, seperti: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya.
          Sedangkan menurut keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No.079/1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 kelompok, yaitu:
1.     Bangunan dan perabotan sekolah.
2.     Alat pembelajaran yang terdiri dari pembukuan dan alat-alat peraga dan laboratorium.
3.     Media pendidikan yang dapat dikelompokan menjadi audiovisual yang mengguanakan alat penampil dan media yang tidak menggunakan alat penampil.
                   Dari uraian definisi sarana dan prasarana pendidikan dapat disimpulkan bahwa: sarana dan prasarana adalah sebuah kewajiban pentng yang harus disediakan, didaya gunakan, serta dikelola dengan baik oleh semua pihak dilingkungan sekolah tersebut untuk kepentingan proses pembelajaran di sekolah.
               Manajemen sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal dan berarti pada jalannya proses pendidikan. Kegiatan pengelolaan ini meliputi: 1) kegiatan perencanaan; 2) pengadaan; 3) pengawasan; 4) penyimpanan inventarisasi; 5) penghapusan; 6) penataan.

B.   Standarisasi Sarana Dan Prasarana.
          Kata standarisasi bukan kata tambahan dari kata standart+isasi, melainkan sebuah kata serapan dari bahasa asing. Kata standarisasi memiliki arti penyesuaian bentuk(ukur dan kualitas) dengan pedoman atau standart yang telah ditetapkan(Barnawi dkk, 2012: 86).
          Secara rinci standart sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar ,terdapat dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.24 Tahun 2007 tentang sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI). Dalam permendiknas tersebut, sarana dan prasarana pendidikan disekolah diatur menjadi 3 pokok bahasan, yaitu lahan, bangunan, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah.
          Standart sarana dan prasarana pendidikan adalah standart nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentag ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah , pepustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi,serta sumber belajar lain,yang diperluan guna menunjang proses pembelajaran, termasuk,penggunaan teknologi informasi dan komunikasi(DEPDIKNAS, 2005:3).

C.   Jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan.
          Sarana pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu(1) habis tidak nya dipakai, (2) bergerak tidaknya pada saat digunakan, (3) hubungannya dengan proses belajar dan mengajar.
1.    Ditinjau dari habis tidaknya dipakai.
              Dilihat dari habis tidaknya dipakai, ada dua macam saran pendidikan , yaitu sarana yang habis dipakai dan srana yang tahan lama.
a.     Sarana pendidikan yang habis dipakai.
          Adalah  segala bahan atau alat yang apabila digunakan bisa habis dalam waktu yang relatif singkat. Contoh: kapur tulis, beberapa bahan kimia untuk praktik guru dan mahasisiwa, DSB.
b.     Sarana pendidikan tahan lama.
          Adalah keseluruhan bahan atau alat yang dapat digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang relatif lama. Contoh: bangkusekolah, globe, dan beberpa alat olahraga.
2.    Ditinjau daribergerak tidaknya pada saat digunakan.
          Dilihat dari bergerak tidaknya pada saat digunakan, ada dua macam sarana pendidikan yaitu, sarana pendidikan yang bergerak dan sarana pendidikan yang tidak bergerak.
a.     Sarana pendidikan yang bergerak.
     Sarana pendidikan yang bergerak adalah sarana pendidikan yang bisa digerakkan atau dipindah sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Contohnya: almari arsip sekolah,bangku sekolah, dsb.
b.    Sarana pendidikan yang tidak bergerak.
     Sarana pendidikan yang tidak bergerak adalah srana pendidikan yang tidak bisa atau relatif sulit dipindahkan. Contohnya: pipa ledeng PDAM sekolah.
3.    Ditinjau dari hubungannya dengan proses belajar dan mengajar.
              Sarana pendidikan dibedakan menjadi 3 macam bil ditinjau dari hubungannya dengan proses belajar mengajar ,yaitu alat pelajar, alat pelajaran, alat peraga, dan media pengajaran.
a.     Alat pelajaran.
          Alat pelajaran adalah alat yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar, misalnya buku, alat peraga, alat tulis, alat praktikan.
b.     Alat peraga.
          Alat peraga adalah alat pembantu pendidikan dan pengajaran, dapat berupa perbuatan-pebuatan atau benda-benda yang mudah memberi pengertian kepada anak didik berturut-turut dari yang abstrak sampai dengan yang konkret.
c.      Media
          Media pengajaran adalah sarana pendidikan yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar, untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiansi dalam mencapai tujuan pendidikan. Ada tiga jenis media, yaitu media audio, media visual, dan media auto visual.

Adapun prasarana pendidikan di sekolah bisa diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu:
1.     Prasrana pendidikan yang secara lansung digunakan untuk proses belajar mengajar, seperti ruang teori,ruang perpustakaan, ruang praktik keterampilan, dan ruang laboratoroum.
2.     Prasarana sekolah yang keberadaanya tidak digunakan untuk proses belajar mengajar,tetapi secara langsung sangat menunjang terjadi proses belajar mengajar, misalnya ruang kantor, kantin sekolah, tanah dan jalan menuju sekolah, kamar kecil, ruang usaha kesehatan sekolah, ruang guru ruang kepala sekolah, dan tempat parkir kendaraan.



BAB III.
PENUTUP
A.   KESIMPULAN.
           Dari uraian penjelasan kami di atas bahwa:
1.     Sarana dan prasarana dalam pendidikan itu adalah satu kewajiban yang harus disediakan oleh sekeloh atau badan pemerintahan yang bersangkutan.
2.     Sarana yang pokok itu ada tiga yaitu: ditinjau menurut habis tidaknya bila dipakai, ditinjau dari bergerak atau tidaknya suatu benda, ditinjau berguna atau tidaknya bagi belajar dan mengajar.
3.     Prasarana yang pokok ada dua yaitu: prasrana yang secara langsung dan tidak langsung.


Daftar Pustaka.
-www.asikbelajar.com/p/manjemen.html?m=1
-https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/12/31/manajemen-sarana-prasarana-pendidikan/
-https://alifanotes.blogspot.co.id/2015/07/makalah-manajemen-srana-prasarana.html?m=1

-https://amiamaiahanii.wordpress,com/2012/05/30/pengelolaan-sarana-dan-prasrana-pendidikan/?_e_pi_=7%2cpage_id10%2c2219118548

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MENGKAJI DAN MEMAHAMI LANDASAN DAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN SERTA PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN BY ANDHYKA MAHTERA

MAKALAH PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT BY ANDHYKA MAHTERA