MAKALAH LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP
PENGEMBANGAN KURIKULUM

Dosen Pengasuh :
Rina Fadliah, S.Pd.M.Pd


Di Susun Oleh :
Muhammad Andy Anshori (16862062372)
Anisa Fithri (16862062413)
Normilawati (16862062475)
Mahdalina (16862062468)

UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEMESTER 2

TAHUN 2017


KATA PENGANTAR

     Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas Langkah-langkah dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum.
Dan mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah membimbing dalam menyelesaikan tugas ini tepat waktu. Kami berharap semoga  ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun kepada pembaca umum nya.
     Dalam penulisan pun masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat di harapkan oleh kami demi penyempurnaan tugas lainnya.





Banjarmasin, 4 Mei 2017



Penulis



DAFTAR ISI
Kata pengantar....................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB 1 : PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang........................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah...................................................................... 2
C.     Tujuan........................................................................................ 2
BAB ll : PEMBAHASAN
A.     Pengertian Prinsip Pengembangan Kurikulum............................... 3
B.     Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum................................ 4
C.     Macam-macam Sumber Pengembangan Kurikulum..................... 4
D.     Tipe-tipe Dari Prinsip Pengembangan Kurikulum......................... 4
E.      Macam-macam Prinsip Pengembangan Kurikulum....................... 5
BAB lll : PENUTUP
A.     Kesimpulan................................................................................ 7
B.     Saran......................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA........................................................................ 8


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pengembangan kurikulum adalah yakni kegiatan yang mengacu utuk menghasilkan kurikulum baru, dalam kegiatan tersebut meliputi, penyusunan-penyusunan,pelaksanaan,penilaian,dan penyempurnaan dengan melalui tahap-tahap tersebut,akan dihasilkan kurikulum.Dengan terbentuknya kurikulum baru tersebut,maka tugas pengembangan telah selesai,selanjutnya tugas berikutnya adalah pada kegiatan pembinaan kurikulum.Pengembangan kurikulum adalah suatu prosese yang tidak ada akhirnya, dalam pengembangan kurikulum banyak unsur-unsur yang harus diperhatikan mulai dari langkah-langkah, landasan-landasan,dasar-dasar,prinsip dan lain sebagainya.









B.  Rumusan masalah
Dalam makalah ini akn membahas mengenai Langkah-Langkah danPrinsip-prinsip pengembangan kurikulum, Dari penjelasan diatas maka dirumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yakni:
1)                  Apa pengertian dari prinsip pengembangan kurikulum?
2)                 Apa langkah-langkah pengembangan kurikulum
3)                  Apa saja macam – macam sumber prinsip pengembangan kurikulum ?
4)                 Apa saja tipe – tipe dari prinsip pengembangan kurikulum?
5)                 Apa saja macam – macam prinsip pengembangan kurikulum?

C.  Tujuan
1)        Untuk Mengetahui pengertian dari prinsip pengembangan kurikulum
2)         Untuk mengetahui macam – macam sumber prinsip pengembangan kurikulum
2)        Untuk mengetahui macam – macam sumber prinsip pengembangan kurikulum
3)        Untuk Mengetahui tipe – tipe prinsip pengembangan kurikulum
4)        Untuk mengetahui macam – macam prinsip pengembangan kurikulum







BAB II
PEMBAHASAN

LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP
PENGEMBANGAN KURIKULUM

A.  Pengertian Prinsip Pengembangan Kurikulum
Prinsip menunjukkan sesuatu hal yang sangat penting mendasar harus diperhatikan memiliki sifat mengatur dan mengarahkan. Dalam pengembangkan kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan agar kurikulum yang kita jalankan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Secara gramatikal prinsip berarti asas, dasar, keyakinan, dan pendirian. Dari pengertian di atas kata prinsip itu menunjukan pada suatu hal yang sangat penting, mendasar, harus diperhatikan, memiliki sifat mengatur dan mengarahkan, serta sesuatu yang biasanya selalu ada atau terjadi pada situasi dan kondisi yang serupa. Prinsip memiliki fungsi yang sangat penting dalam kaitannya dengan keberadaanya sesuatu. Dengan mengenali prinsip dan memperhatikan prinsip, maka akan bisa menjadikan sesuatu itu lebih efektif dan efisien.
Prinsip juga mencerminkan tentang hakikat yang dikandung oleh sesuatu, mungkin produk atau proses, dan bersifat memberikan rambu-rambu aturan main yang harus diikiti untuk mencapai tujuan secara benar.



B.  Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
Apabila seseorang memahami perkembangan kurikulum sebagai tugas yang membutuhkan keteraturan, maka harus diketahui aturan ketika keputusan dibuat dan bagaimana cara keputusan-keputusan tersebut dibuat, untuk memastikan bahwa semua pertimbangan yang relevan telah tercakup dalam keputusan-keputusan tersebut.
Langkah-langkah perkembangan kurikulum merupakan proses pembuatan keputusan yang terencana dan untuk merevisi produk dari keputusan tersebut berdasar pada evaluasi berkelanjutan yaitu memiliki sebuah model dapat mengatur proses.

C.  Macam – Macam Sumber Prinsip Pengembangan Kurikulum
Menurut Oliva 1992:28 dalam (Komaruddin dan Kurniawan 2011:65) mengemukakan setidaknya ada empat sumber prinsip pengembangan kurikulum, yaitu:
a)            Data Empiris (Empirical data)
merujuk pada pengalaman yang terdokumentasi  dan terbukti efektif.
b)            Data Eksperimen ( Exsperimen data)
pada temuan-temuan hasil penelitian.
    c)      Cerita/Legenda yang hidup di masyarakat (folklore of curriculum)
    d)     Akal Sehat (Common Sense)

D.  Tipe – Tipe Dari Prinsip Pengembangan Kurikulum
Tipe-tipe prinsip pengembangan kurikulum yaitu tingkat validitas dan reabilitas prinsip yang digunakan. Hal ini kaitannya dengan sumber-sumber dari pengembangan kurikulum itu sendiri.  Ada fakta, konsep, dan prinsip yang tingkat kepercayaannya tidak diragukan lagi karena sudah terbukti melalui riset yang berulang-ulang, ada juga data yang sudah terbukti tetapi masih terbatas dalam kasus-kasus tertentu belum bisa digeneralisasikan, dan terdapat pula data yang belum dibuktikan oleh riset tapi sudah terbukti dalam kehidupan dan menurut pertimbangan akal sehat dipandang logis, baik, dan berguna.
Merujuk hal diatas, maka tiga tipe prinsip yaitu antara lain:
a)   Anggapan Kebenaran utuh atau menyeluruh (Whole Truth)
Adalah fakta, konsep, dan prinsip yang diperoleh serta telah diuji dalam penelitian yang ketat dan berulang, sehingga bisa dibuat generalisasi dan bisa diberlakukan di tempat yang berbeda. Tipe ini tidak akan mendapat tentangan atau kritik karena sudah diyakini oleh orang orang yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.
b)   Anggapan Kebenran Parsial (Partial Truth)
Adalah suatu fakta, konsep, dan prinsip yang sudah terbukti efektif dalam banyak kasus tapi sifatnya masih belum  bisa digeneralisasikan. Karena dianggap baik dan bermanfaat tipe prinsip ini bisa digunakan, namun dalam penggunaannya biasanya masih mengundang pro dan kontra.
c)    Anggapan Kebenaran yang masih memerlukan Pembuktian ( Hypothesis)
Adalah : Asumsi kerja atau prinsip yang sifatnya tentatif. Prinsip ini muncul dari hasil deliberasi, judgement, dan pemikiran akal sehat.

E.  Macam – Macam Prinsip Pengembangan Kurikulum
Dalam pengembangan kurikulum,terdapat banyak prinsip dasar yang dapat digunakanagar kurikulum yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan yang diharapkan semua pihak.
Prinsip-prinsip ini biasanya dibedakan dalam dua kategori yaitu prinsip umum dan prinsip khusus.
       1)      Prinsip Umum
Prinsip umum pengembangan kurikulum, yaitu : prinsip relevansi (kesesuaian), fleksibelitas (tidak kaku), kontinuitas (berkesinambungan), praktis atau efisiensi dan efektivitas.

       2)      Prinsip Khusus
Prinsip khusus ini merujuk pada prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan komponen-komponen kurikulum secara khusus (tujuan, isi, metode dan evaluasi) satu wilayah dengan wilayah lainnya, satu jenis jenjang pendidikan dengan jenis dan jenjang pendidikan lainnya memiliki karakteristik yang berbeda dalam beberapa aspek, yang mana antara satu komponen dan komponen lainnya memiliki prinsip yang tidak sama.  Perbedaan ini tentu bisa mengakibatkan adanya penggunaan prinsip-prinsip yang khas sesuai dengan situasi dan kondisi setempat dan karakteristik jenis dan jenjang pendidikan tersebut. Prinsip khusus berkenaan dengan prinsip yang hanya berlaku ditempat tertentu dan situasi tertentu.
 Ada beberapa prinsip yang lebih khusus dalam pengembangan kurikulum.Prinsip-prinsip ini berkenaan dengan penyusunan tujuan,isi,pengalaman belajar,dan penilaian.





BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan beberapa hal antara lain, Prinsip adalah sesuatu yang sifatnya sangat penting dan mendasar terlahir dari dan menjadi suatu kepercayaan. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menunjuk pada pengertian tentang berbagai hal yang harus dijadikan patokan dalam menentukan berbagai hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum, terutama dalam faseperencanaan kurikulum (curriculum planning), yang pada dasarnnya prinsip-prinsip tersebut merupakan ciri dari hakikat lurikulum itu sendiri.

B.  Saran
Setiap sekolah pasti ingin melakukan pengembangan kurikulum, tentunya mengharapkan yang lebih dari sebelumnya, namun belum tentu yang kita ambil benar ataupun salah.
Jadikitaharusbenar-benar memperhatikan, merencakan, menyusunkan dengan baik, sehingga penerapannya akan berhasil.





DAFTAR PUSTAKA

Dr.Rusman,M.Pd,Menejemen Kurikulum,(Jakarta:Rajawali Press,2009)hal.3
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.10
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.19
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan Kurikulum,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2012)hal.151
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.22
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan Kurikulum,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2012)hal.151
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.19
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan Kurikulum,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2012)hal.152
Dr.Hj.Binti Maunah,M.Pd.i,Pengembangan Kurukulum Berbasis Kompetensi,(Yogyakarta:Sukses Offset,2009)hal.53

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MENGKAJI DAN MEMAHAMI LANDASAN DAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN SERTA PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN BY ANDHYKA MAHTERA

MAKALAH PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT BY ANDHYKA MAHTERA