MAKALAH LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dosen Pengasuh :
Rina Fadliah, S.Pd.M.Pd
Di
Susun Oleh :
Anisa
Fithri (16862062413)
Normilawati
(16862062475)
Mahdalina
(16862062468)
UNIVERSITAS
ACHMAD YANI BANJARMASIN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEMESTER
2
TAHUN
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah
SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga
berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas Langkah-langkah dan
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum.
Dan mengucapkan terima
kasih kepada dosen yang telah membimbing dalam menyelesaikan tugas ini tepat
waktu. Kami berharap semoga ini dapat
bermanfaat bagi penulis sendiri maupun kepada pembaca umum nya.
Dalam penulisan pun masih banyak
kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, untuk itu kritik dan saran
dari semua pihak sangat di harapkan oleh kami demi penyempurnaan tugas lainnya.
Banjarmasin, 4 Mei 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata pengantar....................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB
1 : PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang........................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah...................................................................... 2
C. Tujuan........................................................................................ 2
BAB
ll : PEMBAHASAN
A. Pengertian
Prinsip Pengembangan Kurikulum............................... 3
B. Langkah-langkah
Pengembangan Kurikulum................................ 4
C. Macam-macam
Sumber Pengembangan Kurikulum..................... 4
D. Tipe-tipe
Dari Prinsip Pengembangan Kurikulum......................... 4
E. Macam-macam
Prinsip Pengembangan Kurikulum....................... 5
BAB
lll : PENUTUP
B. Saran......................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................ 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pengembangan
kurikulum adalah yakni kegiatan yang mengacu utuk menghasilkan kurikulum baru,
dalam kegiatan tersebut meliputi, penyusunan-penyusunan,pelaksanaan,penilaian,dan
penyempurnaan dengan melalui tahap-tahap tersebut,akan dihasilkan
kurikulum.Dengan terbentuknya kurikulum baru tersebut,maka tugas pengembangan
telah selesai,selanjutnya tugas berikutnya adalah pada kegiatan pembinaan
kurikulum.Pengembangan kurikulum adalah suatu prosese yang tidak ada akhirnya,
dalam pengembangan kurikulum banyak unsur-unsur yang harus diperhatikan mulai
dari langkah-langkah, landasan-landasan,dasar-dasar,prinsip dan lain
sebagainya.
B.
Rumusan masalah
Dalam
makalah ini akn membahas mengenai Langkah-Langkah danPrinsip-prinsip
pengembangan kurikulum, Dari penjelasan diatas maka dirumuskan masalah yang
akan dibahas dalam makalah ini yakni:
1)
Apa pengertian dari
prinsip pengembangan kurikulum?
2)
Apa langkah-langkah
pengembangan kurikulum
3)
Apa saja macam –
macam sumber prinsip pengembangan kurikulum ?
4)
Apa saja tipe –
tipe dari prinsip pengembangan kurikulum?
5)
Apa saja macam –
macam prinsip pengembangan kurikulum?
C. Tujuan
1) Untuk Mengetahui pengertian dari
prinsip pengembangan kurikulum
2) Untuk mengetahui macam – macam sumber
prinsip pengembangan kurikulum
2) Untuk mengetahui macam – macam sumber
prinsip pengembangan kurikulum
3) Untuk Mengetahui tipe – tipe prinsip
pengembangan kurikulum
4) Untuk mengetahui macam – macam prinsip
pengembangan kurikulum
BAB II
PEMBAHASAN
LANGKAH-LANGKAH DAN PRINSIP-PRINSIP
PENGEMBANGAN KURIKULUM
A.
Pengertian Prinsip Pengembangan Kurikulum
Prinsip
menunjukkan sesuatu hal yang sangat penting mendasar harus diperhatikan
memiliki sifat mengatur dan mengarahkan. Dalam pengembangkan kurikulum ada
beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan agar kurikulum yang kita
jalankan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Secara
gramatikal prinsip berarti asas, dasar, keyakinan, dan pendirian. Dari
pengertian di atas kata prinsip itu menunjukan pada suatu hal yang sangat
penting, mendasar, harus diperhatikan, memiliki sifat mengatur dan mengarahkan,
serta sesuatu yang biasanya selalu ada atau terjadi pada situasi dan kondisi
yang serupa. Prinsip memiliki fungsi yang sangat penting dalam kaitannya dengan
keberadaanya sesuatu. Dengan mengenali prinsip dan memperhatikan prinsip, maka
akan bisa menjadikan sesuatu itu lebih efektif dan efisien.
Prinsip
juga mencerminkan tentang hakikat yang dikandung oleh sesuatu, mungkin produk
atau proses, dan bersifat memberikan rambu-rambu aturan main yang harus diikiti
untuk mencapai tujuan secara benar.
B.
Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
Apabila
seseorang memahami perkembangan kurikulum sebagai tugas yang membutuhkan
keteraturan, maka harus diketahui aturan ketika keputusan dibuat dan bagaimana
cara keputusan-keputusan tersebut dibuat, untuk memastikan bahwa semua
pertimbangan yang relevan telah tercakup dalam keputusan-keputusan tersebut.
Langkah-langkah perkembangan
kurikulum merupakan proses pembuatan keputusan yang terencana dan untuk
merevisi produk dari keputusan tersebut berdasar pada evaluasi berkelanjutan
yaitu memiliki sebuah model dapat mengatur proses.
C. Macam – Macam
Sumber Prinsip Pengembangan Kurikulum
Menurut Oliva
1992:28 dalam (Komaruddin dan Kurniawan 2011:65) mengemukakan setidaknya ada
empat sumber prinsip pengembangan kurikulum, yaitu:
a)
Data Empiris
(Empirical data)
merujuk pada
pengalaman yang terdokumentasi dan
terbukti efektif.
b)
Data Eksperimen (
Exsperimen data)
pada temuan-temuan
hasil penelitian.
c)
Cerita/Legenda yang hidup di masyarakat (folklore of curriculum)
d)
Akal Sehat (Common Sense)
D.
Tipe – Tipe Dari Prinsip Pengembangan Kurikulum
Tipe-tipe
prinsip pengembangan kurikulum yaitu tingkat validitas dan reabilitas prinsip
yang digunakan. Hal ini kaitannya dengan sumber-sumber dari pengembangan
kurikulum itu sendiri. Ada fakta,
konsep, dan prinsip yang tingkat kepercayaannya tidak diragukan lagi karena
sudah terbukti melalui riset yang berulang-ulang, ada juga data yang sudah
terbukti tetapi masih terbatas dalam kasus-kasus tertentu belum bisa
digeneralisasikan, dan terdapat pula data yang belum dibuktikan oleh riset tapi
sudah terbukti dalam kehidupan dan menurut pertimbangan akal sehat dipandang
logis, baik, dan berguna.
Merujuk hal diatas,
maka tiga tipe prinsip yaitu antara lain:
a) Anggapan Kebenaran utuh atau menyeluruh
(Whole Truth)
Adalah fakta,
konsep, dan prinsip yang diperoleh serta telah diuji dalam penelitian yang
ketat dan berulang, sehingga bisa dibuat generalisasi dan bisa diberlakukan di
tempat yang berbeda. Tipe ini tidak akan mendapat tentangan atau kritik karena
sudah diyakini oleh orang orang yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.
b) Anggapan Kebenran Parsial (Partial Truth)
Adalah suatu fakta,
konsep, dan prinsip yang sudah terbukti efektif dalam banyak kasus tapi
sifatnya masih belum bisa
digeneralisasikan. Karena dianggap baik dan bermanfaat tipe prinsip ini bisa
digunakan, namun dalam penggunaannya biasanya masih mengundang pro dan kontra.
c) Anggapan Kebenaran yang masih memerlukan
Pembuktian ( Hypothesis)
Adalah : Asumsi
kerja atau prinsip yang sifatnya tentatif. Prinsip ini muncul dari hasil
deliberasi, judgement, dan pemikiran akal sehat.
E.
Macam – Macam Prinsip Pengembangan Kurikulum
Dalam
pengembangan kurikulum,terdapat banyak prinsip dasar yang dapat digunakanagar
kurikulum yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan yang
diharapkan semua pihak.
Prinsip-prinsip ini
biasanya dibedakan dalam dua kategori yaitu prinsip umum dan prinsip khusus.
1)
Prinsip Umum
Prinsip umum
pengembangan kurikulum, yaitu : prinsip relevansi (kesesuaian), fleksibelitas
(tidak kaku), kontinuitas (berkesinambungan), praktis atau efisiensi dan
efektivitas.
2)
Prinsip Khusus
Prinsip khusus ini
merujuk pada prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan
komponen-komponen kurikulum secara khusus (tujuan, isi, metode dan evaluasi)
satu wilayah dengan wilayah lainnya, satu jenis jenjang pendidikan dengan jenis
dan jenjang pendidikan lainnya memiliki karakteristik yang berbeda dalam
beberapa aspek, yang mana antara satu komponen dan komponen lainnya memiliki
prinsip yang tidak sama. Perbedaan ini
tentu bisa mengakibatkan adanya penggunaan prinsip-prinsip yang khas sesuai
dengan situasi dan kondisi setempat dan karakteristik jenis dan jenjang
pendidikan tersebut. Prinsip khusus berkenaan dengan prinsip yang hanya berlaku
ditempat tertentu dan situasi tertentu.
Ada beberapa prinsip yang lebih khusus dalam
pengembangan kurikulum.Prinsip-prinsip ini berkenaan dengan penyusunan
tujuan,isi,pengalaman belajar,dan penilaian.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan beberapa hal antara lain, Prinsip adalah
sesuatu yang sifatnya sangat penting dan mendasar terlahir dari dan menjadi
suatu kepercayaan. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menunjuk pada
pengertian tentang berbagai hal yang harus dijadikan patokan dalam menentukan
berbagai hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum, terutama dalam
faseperencanaan kurikulum (curriculum planning), yang pada dasarnnya
prinsip-prinsip tersebut merupakan ciri dari hakikat lurikulum itu sendiri.
B.
Saran
Setiap
sekolah pasti ingin melakukan pengembangan kurikulum, tentunya mengharapkan
yang lebih dari sebelumnya, namun belum tentu yang kita ambil benar ataupun salah.
Jadikitaharusbenar-benar
memperhatikan, merencakan, menyusunkan dengan baik, sehingga penerapannya akan
berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
Dr.Rusman,M.Pd,Menejemen Kurikulum,(Jakarta:Rajawali
Press,2009)hal.3
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum
Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.10
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.19
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan
Kurikulum,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2012)hal.151
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum
Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.22
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan Kurikulum,(Bandung:Remaja
Rosdakarya,2012)hal.151
Anin Nurhayati,M.Pd.i,Kurikulum
Inovasi,(Yogyakarta:Teras,2010)hal.19
Prof.Dr.Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan
Kurikulum,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2012)hal.152
Dr.Hj.Binti Maunah,M.Pd.i,Pengembangan Kurukulum Berbasis
Kompetensi,(Yogyakarta:Sukses Offset,2009)hal.53
Komentar
Posting Komentar